Monday, February 19, 2007

Ngaping abah ka Bandung.


Date: Mon, 19 Feb 2007 07:29:08 -0800 (PST)
From: "Fahmi Utun"
Add to Address BookAdd to Address Book Add Mobile Alert
Subject: Ngaping (dampingin) abah ka Bdg.
To: astrid.rahayu

Gak nyangka aja begitu aa ka abah kebetulan abah mo ka Bandung bersama ambu buat wakilin keluarga oom Toto khitbah neng Nias buat Tonny. Sabtu pagi 17 feb 2007 Arief menjadi pilot sementara aa dapat pancen tugas co-pilot sekaligus navigator. Jam 7 kami bergerak langsung menuju Bandung. Sementara rombongan oom Toto bergerak dari Cijantung jam 8 pagi. Rencananya rendezvous di tempat peristirahatan Cipularang. Tapi entah yang mana karena setahu aa ma Arief, dijalur Purwaleunyi itu tempat peristirahatan ada 4. Memasuki Bekasi Timur kami mampir dulu buat nyarap. Aa, Arief ma ambu pesen nasi rames. Sementara abah yang tampak lapar berat ngembat sop buntut dengan segelas teh panas manis. Begitu pesanan datang, abah ngetes dulu gelas teh dengan curuknya. Lalu manggil pelayan minta agar gelas diganti. Abah kayaknya gak puas sama teh cawerang (kurang merah) dan gak panas cuma hangat. "Tehnya satu sachet ya mas. Gulanya sesendok makan aja."
Perintah abah kepada pelayan yang disambut Arief dengan cengar cengir lucu aja.
"Beeeehhhh, Beh. Kayak semasa Dandim ke Kopral aja deh. Ngetes panas kok make curuk sih." Kekehnya dengan seru sementara ambu cuma mesem2 sepet.
"Yah A, kita kan bayar bukannya numpang makan."
Jawab abah seraya memindahkan sepotong tulang buntut dari mangkok ke piring.
Table-manner mantan Captain Waiter Hotel Asoka 1974 dan Receptionist Holland America Cruise 1977 ini boleh juga. Daging buntut ditekan dengan garpu lalu diirisnya dengan sisi sendok. Baru disuapnya dengan tangan kiri. Weleh abah mah kayak turis wisman aja lagaknya. Seharusnya mengiris daging dengan pisau biar tuntas. Tapi karena dengan sendok tentu masih tersisa serpihan daging yang gak terjangkau oleh lengkungan sendok. Setelah semua potongan buntut pindah ke piring, e-eh abah lalu memegang potongan tulang lalu melahap sisa daging dengan giginya. Hehehe, Arief tertawa terbahak, "Beeehhhh, babeh. kayak bukan turis lokal aja luh beh,"
Klo aa mah ya diam aja, namanya juga sama paguru bawaannya takut kualat aja.
Gak lama datang segelas teh panas ngebul2 pesanan abah, raut wajah pelayan tampak tertawa tawa. Iya sih kebayang aja gimana abah mau menghirupnya klo panasnya masih teramat ngebul begitu tanda baru diangkat dari kompor. Dengan senang abah mengaduknya sambil menyobek bungkus sachet membuat bubuk teh terburai. Sampai gelas itu seperti teh tubruk. Menunggu teh mendingin abah juga memesan sebungkus Jisamsu Refill, lantas merokok dengan tenangnya. Tinggal separuh batang, abah mulai menyeruput teh manisnya dengan nikmat. Akhirnya gak sampai sejam kemudian kami berangkat lagi menuju Bandung.

Tatkala mendekati Km 40 menjelang pintu keluar Pasir Ranji, tampak restauran lama tengah ditutup dan dipugar. Abah berceritera klo di 1994 rumah makan di pojok kiri itu lain sendiri menunya. Tertulis sedia makanan, minuman, DLL dengan hurup gede2.
Abah yang dalam perjalanan bersama pengurus RAPI Wilayah Tangerang menuju Pengurus Daerah di Antapani itu sempat menggunjingkan makna DLL itu di jalur radio komunikasi. Atuh banyak telinga sejak dari Jawa Tengah sampai ke Bengkulu yang ikut nguping sembari kakah kekeh geli. Abah tea paling bisa klo membangkitkan daun telinga orang pada rawing buat menyimak dengan saksama. Sempat2nya selama sejam abah melontarkan tarucing cakra (tekateki) akan makna sesungguhnya dari tulisan DLL dibelakang menu rumah makan itu. Dengan gaya dan semangat kaum muda aja.
Kata abah makna DLL itu adalah bisa sembari rebahan bagi para supir truk. Tentunya mengundang heboh yang ditandai dengan bunyi mencuit cuit di jalur Repeater Bogor. Beat-frequency yang timbul akibat dari 2 atau lebih pemancar yang bekerja serempak..

Jam 09.47 saat meliwati jalur keluar Sadang, aa kirim sms ka neng as3.
"Wilujeng enjing. Numpang liwat. Aa di toll Purbaleunyi ngaping abah ambu arief mo ke Bdg."
Sms itu langsung berjawab.
"Jgn pake bhs sunda semua a, as3 gak ngerti hehe. Moga slamat sampe tujuan ya." 09.42
Lalu kujawab lagi, "hehehe maaf aa lupa. Nuhun neng."

Manakala Vios menyelusup di jalaur toll mengarah ke areal jalan berkabut, abah terkagum kagum melihat panorama unik. Disebelah kanan tampak hutan kecil diatas bukit baru karang. Laju sesaat tampak lagi batu gunung bekas torehan pahat entah linggis mekanik yang menghasilkan bentuk yang nyeni. Disebelah kiri jalan tampak satu bukit kecil yang berada dibawah jalanan. Abah dah gatal aja jemarinya kepingin mengabadikan tiga objek lensa yang eksotis itu. Namun Arief mana mau kasih kesempatan langka itu. Nanti deh klo aa ke Bandung lagi akan aa jepretkan buat abah. Bersiap mo memasuki tempat peristirahatan terakhir yang baru dibangun, pandangan Arief terhalang oleh pantat trailer. Lalu bablas sampai ke Padalarang.
Kepada rombongan 2 mobil yang baru sampai ke Bekasi Timur, disepakati rendepu baru yakni di pintu keluar Buahbatu di Hero Supermarket. Sambil menunggu, Abah lantas ngopi dulu di Dunkin Donat sembari godain 2 personil service yang cantik2....

No comments: